Sempat menduduki posisi orang terkaya di dunia pada tahun 2009, William Henry Gates III tentu pernah melewati masa-masa sulit sebelum meluncurkan sebuah perusahaan yang dinamakan Microsoft Corporation. Pada tahun 1990, Bill Gates sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran dunia.

Sejak kecil, Bill Gates memiliki kecerdasan yang baik dan ia menguasai sebuah bahasa pemograman BASIC dengan cepat. Ketertarikannya dengan komputer bermula ketika ia berusia 13 tahun. Kemudian ia terus mempelajari segala hal yang berhubungan dengan komputer bersama temannya yang bernama Paul Allen di sekolahnya yaitu Lakeside School.

Gates lulus dan diterima di Harvard College dan menghabiskan banyak waktunya dengan menggunakan komputer sekolah. Pada tahun 1978, MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan. Gates dan Allen melihat peluncurannya sebagai kesempatan untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer sendiri. Ia berdiskusi dengan orang tuanya dimana orang tuanya yang sangat mendukungnya setelah melihat semangat Gates.

Kesukaannya terhadap komputer tidak menghentikan niatnya untuk mendirikan sebuah perusahaan. Beberapa usaha dilakukan untuk mencapai tujuannya. Menemui Presiden MITS untuk melihat hasil karya Gates dan Allen yaitu pengembangan emulator Altair kemudian penerjemah BASIC. Hasilnya memuaskan, Gates berhasil membuat kesepakatan dengan MITS untuk mendistribusikan hasil pengembangannya. Kemudian Gates dan Allen bekerja di MITS.

Tentu saja dalam proses mencapai tujuan, banyak yang harus dikorbankan. Contohnya waktu. Gates mengorbankan untuk absen dari Harvard dan membuat perusahaan kemitraan bersama Allen dan memberinya nama Micro-Soft. Satu tahun kemudian, namanya berganti menjadi Microsoft. Setelah itu, Gates tidak pernah kembali ke Harvard untuk menyelesaikan kuliahnya.

Pada tahun awal-awal Microsoft, Gates dan para karyawannya bertanggung jawab besar atas bisnis ini. Gates juga selalu mengawasi setiap rinciannya. Setelah 6 tahun Microsoft berdiri, gates melakukan restrukturisasi dan menjadikan Gates sebagai Presiden dan Ketua Dewan Microsoft.

Berbagai versi Gates luncurkan untuk mengembang Microsoft. Gates memegang tanggung jawab besar terhadap strategi produk perusahaan. Ketika Gates mengetahui bahwa Microsoft berhasil mendominasi pasar, ia berusaha keras untuk mempertahankannya. Saat ini, Gates menjadi salah satu orang yang berpengaruh di dunia. Gates sering di undang oleh para mahasiswa untuk memotivasi mereka dan seringkali memainkan permainan yang berkaitan dengan olah otak. Dimana permainan itu diibaratkan sebagai suatu masalah yang akan dihadapi oleh para mahasiswa di kemudian hari.

Gates mengundurkan dirinya sebagai Presiden Microsoft pada tahun 2006 dengan kekayaan yang melimpah. Gates dan istrinya menggabungkan tiga yayasan keluarga menjadi satu dan membentuk yayasan amal yang saat ini beroperasi secara transparan terbesar di dunia. Lalu, dengan kekayaan yang melimpah, apakah Gates bingung untuk menghabiskannya.

Penulis Virgia Febriana (Angkatan 61)

 

yayasanbas

yayasanbas has blogged 510 posts

One thought on “Bill Gates Mendirikan Microsoft Tidak Semudah Itu