Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/yayasa11/public_html/wp-content/plugins/revolution_slider/includes/operations.class.php on line 2734

Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/yayasa11/public_html/wp-content/plugins/revolution_slider/includes/operations.class.php on line 2738

Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/yayasa11/public_html/wp-content/plugins/revolution_slider/includes/output.class.php on line 3679
Kepemimpinan dan Komunikasi Profesional - Yayasan BAS

Pada tanggal 27 Januari 2017, telah diadakan tematik ke-3 yang bertema Effective Communication for Young Leader. Sardjono B. Santoso dari angkatan 25 SMK SMAK Bogor, dan Ingki Rinaldi dari jurnalis Kompas sebagai pembicara.

Sardjono B. Santoso menyampaikan isi bicaranya mengenai “Kepemimpinan dan Komunikasi Profesional”, kepemimpinan berasal dari kata pemimpin yang artinya mengepalai sesuatu, yaitu setidaknya memiliki satu orang bawahan, atau yang dikepalai. Semua orang adalah pemimpin untuk dirinya sendiri. Untuk menjadi seorang pemimpin dapat menyatakan atau mendeklarasikan sendiri, ataupun diwariskan oleh orang lain.

Namun terlepas dari itu, seseorang yang menyatakan dirinya adalah pemimpin, dia tak hanya menyatakan “ini lho saya seorang pemimpin” dengan begitu saja. Namun, orang itu tentunya memiliki hal tertentu, sehingga pantas menyatakan sebagai pemimpin, dan tentu orang lain pun tak lagi ragu dipimpin olehnya. Hal itu adalah:

1. Mempunyai Visi dan Misi
Tentunya seseorang pemimpin memiliki hal yang ditargetkan sekaligus cara bagaimana mencapai target tersebut untuk lebih baik kedepannya.
2. Bertanggung Jawab
Siapa yang mau memiliki pemimpin yang tak mau bertanggungjawab? Jiwa ini sudah seharusnya melekat pada setiap orang.
3. Mempunyai Kelebihan

Pastinya, seorang pemimpin harus memiliki kelebihan. Itu akan membawa sesuatu yang dipimpinnya bergerak kearah yang lebih baik. Bahkan jika menjadi pemimpin itu diwariskan oleh orang lain. Tentunya orang lain yang memilihnya juga sudah memikirkan dengan matang apa kelebihannya dan bagaimana karakter orang tersebut.

Bahkan sampai ada hadits yang menyebutkan kalau pemimpin adalah orang yang tidur paling akhir, tetapi paling awal bangun, orang yang banyak mencari, namun terakhir menikmati. Itu berarti menjadi pemimpin memang tidaklah mudah, namun bukan berarti kita tak bisa menjadi pemimpin.

Semua itu tergantung dengan komunikasi, apa itu komunikasi? Arti kecilnya yaitu berhubungan dengan orang lain. Orang lain, ya! Maka dari itu komunikasi itu sendiri butuh kawan. Komunikasi dibangun atas dasar kepercayaan. Yaitu kepercayaan terhadap diri sendiri. Karena pada saat berkomunikasilah, seseorang sedang menjual dirinya. Bagaimanaa artikulasi, lafal, dan nada bicaranya. Komunikasi professional juga perlu dikenali. Terdapat 2 macam menurut penyampaiannya:

1. Gadget

Di zaman sekarang yang sudah canggih, siapa yang tidak menggunakan gadget untuk berkomunikasi. Berkomunikasi disini kita harus mengenali lawan bicara, greeting, mengenalkan diri, to the point, dan tidak menggunakan singkatan kata yang tidak umum digunakan.

2. Bertatap muka

Saat membuat janji untuk bertemu, terutama dengan client. Kita harus datang tepat waktu, kalau perlu lebih awal dari client dengan penampilan bersih dan rapi. Kita yang harus menyesuaikan jadwal dengan client, jangan sebaliknya.

Manfaat dari sifat kepemimpinan dan komunikasi profesional yaitu, kita akan menjadi orang yang dipanuti serta menjadi pemimpin yang berkarisma (bukan jaga image). Oleh karena itu, kita akan tahu dalam banyak hal karena kita akan selalu meningkatkan kemampuan yang sudah dimiliki dengan mengkombinasikan usaha dan tujuan untuk lebih baik kedepannya.

 

Oleh Mariyatul Qibtiyah (Angkatan 61/ Beswan Gen-4)

yayasanbas

yayasanbas has blogged 610 posts

2 thoughts on “Kepemimpinan dan Komunikasi Profesional

  • MJ

    Thank you.. jadi inget lagi..

    Balas
    • yayasanbas

      You’re welcome Mr. Jono 😉

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *