image-title

Sabtu, 11 Agustus 2018, Yayasan BAS menyelenggarakan kegiatan penutupan Program Beasiswa Tahun Ajar 2017-2018 (Beswan Generasi 4) di area Cibodas. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan emotional bonding peserta sekaligus memberikan apresiasi tulisan Beswan.

Kegiatan diawali dengan pengisian kuisioner seputar kehidupan Beswan. Dengan 2 lembar kuisioner, pertanyaan yang muncul mencakup data dan persepsi Beswan selama mengikuti program.

Setelah istirahat dan makan siang, kami bersiap melakukan pendakian menuju Curug Cibeureum. Saat persiapan keberangkatan dengan berdiri membentuk lingkaran, selama pendakian nanti Beswan diminta untuk saling mengobrol agar mengenal lebih dekat, sekaligus tidak terasa capek dalam pendakian. Beberapa hari sebelum kegiatan, Beswan sudah diminta untuk browsing medan perjalanan Curug Cibeureum agar tidak kaget serta memotivasi untuk persiapkan fisik.

Selama pendakian, kami istirahat bersama di Telaga Biru dan Pos Istirahat di Simpang Pendakian. Jeprat Jepret sesekali kami lakukan untuk menangkap momen kebersamaan ini. Sekitar satu setengah jam pendakian berlalu, tibalah kami di Curug Cibereum.

Raut wajah puas terpancar dari mimik setiap Beswan, namun sebagian besar tidak dapat menutupi rasa lelahnya. Wajar sih, banyak peserta yang belum biasa melakukan perjalanan jauh seperti ini. Puji syukur karena pendakian ini berkesan bagi Beswan. Seperti yang Nabila sampaikan, “Kami semua tersenyum. Saling mengulurkan tangan tanpa diminta, berpegangan—takut ada yang terjatuh karena batu yang licin dan tajam di Curug. Abai dengan peringatan soal seberapa dinginnya, kami tetap menenggelamkan kaki kami ke air, bertahan beberapa detik, lalu berlomba mencari pijakan sambil menggigil. Kemudian tertawa, menertawakan kebodohan masing-masing.”

Puas bermain air meski tak ada yang berani untuk membasahkan seluruh tubuhnya, kami bergegas kembali ke mess mengejar sebelum matahari terbenam. Beswan diberikan tantangan untuk menyiapkan penampilan kreativitas seni secara tim. Alhamdulillah, waktu turun lebih cepat dibanding pendakian, sehingga kami cukup beristirahat untuk persiapan acara malam kebersamaan.

Setelah salat Isya, kami memasuki puncak acara malam kebersamaan. Beswan diajak games yang menguji kekeluargaan internal Beswan, yaitu ‘mengenal lebih dekat’. Aturan main, Beswan diajak untuk menceritakan seseorang, dan teman yang lain akan menebaknya. Ternyata, permainan ini mampu mendamaikan beberapa konflik antar Beswan, dan pastinya membuat seluruh peserta tertawa atau sekedar tersenyum karena rahasianya terbongkar.

Suasana dingin Cibodas tak terasa karena malam itu kami ditemani api unggun. Saat kayu telah menjadi bara, kami gunakan sebagai bahan bakar untuk membakar arang lalu jagung. Setelah jagung masak, waktunya Beswan menampilkan kreativitas seni. Beswan menyanyikan lagu Endang Soekamti berjudul Sampai Jumpa yang diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan untuk Pengurus BAS. Amazing.

Apresiasi Tulisan Beswan

Keesokan pagi, acara diisi dengan permainan dan dilanjutkan dengan apresiasi penulisan. Dari 9 kategori, Nabila berhasil menjadi yang terbaik dengan memenangi 3 kategori. Dengan dilakukan rekap nilai seluruh tulisan Beswan, diperoleh peringkat 10 terbaik dari 26 Beswan. Seluruh Beswan juga mendapatkan sertifikat yang menyatakan telah mengikuti kegiatan Menulis Populer selamat program beasiswa berjalan.

Apresiasi Atas Semangat Beswan Generasi 4 Mengikuti ‘Menulis Populer’ Selama Program Beasiswa

Berikut hasil lengkap apresiasi tulisan Beswan Generasi 4 berdasarkan kategori.

Tulisan terbaik Esai Kepemimpinan berjudul Problematika Si Sulung. Untuk Tulisan Deskripsi Terbaik yaitu Laboratorium Pertamaku Gravimetri. Tulisan Narasi Terbaik adalah Kegilaan Awal SMAKBO. Adapun kategori Tulisan Eksposisi terbaik jatuh kepada Masa Orientasi Siswa, Perlukah?

Tulisan terbaik kategori Artikel Wawancara dimenangkan oleh Membentuk Karakter Siswa di Laboratorium Gravimetri. Tulisan terbaik tema Kewirausahaan menjadi milik Bill Gates Mendirikan Microsoft Tidak Semudah Itu. Adapun terbaik tulisan tema Kegiatan Sosial berjudul Lily Namanya. Cerita dari Orang-Orang Hebat, menjadi tulisan terbaik dalam tema Karir Bidang Kimia. Dan terakhir, kategori tulisan Cinta Tanah Air dimenangkan oleh Penurunan Moral Bangsa.

Kami ucapkan Selamat kepada Beswan yang telah berjuang menunaikan tugas menulis dengan ciamik sehingga berhasil menjadi yang terbaik. Beswan telah merelakan waktu, mencurahkan pemikiran, dan menuntaskannya menjadi satu tulisan utuh. Tulisan tersebut dapat dinikmati dengan mengklik judul tulisan.

yayasanbas

yayasanbas has blogged 510 posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *