image-title

Sabtu, 26 Januari 2019, 20 penerima manfaat Beasiswa BAS mengikuti Tematik bertema Kepemimpinan dan Komunikasi Profesional. Ada 2 fasilitator, Juang Akbar Magenda bercerita tentang Kepemimpinan, dilanjutkan dengan Puji Maharani membahas tentang pentingnya Komunikasi yang Efektif. Benang merah dari tema ini seperti yang dikatakan Puji, “Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu berkomunikasi dengan baik”.

Sebagai konfirmasi pemahaman Beswan, setiap Beswan membuat satu tulisan utuh seputar topik kepemimpinan dan kepemimpinan profesional. Berikut tulisan berjudul Skill Yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin oleh M Raafi Adhasyah dan Angan-Angan Si Pemalu oleh Nurul Bunga Kurnia, selamat membaca.

Skill Yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

M Raafi Adhasyah

Seorang pemimpin harus mempunyai banyak kelebihan, salah satunya adalah komunikasi. Dengan komunikasi efektif, pemimpin dapat mengajak, mengarahkan, dan menggerakan anggota untuk mencapai kepentingan bersama. Semua orang pasti mempunyai sikap kepemimpinan masing-masing, namun tidak semua orang berbakat atau bisa menjadi pemimpin, maka dari itu diperlukan pelatihan/seminar kepemimpinan seperti yang dilakukan Yayasan BAS untuk Beswan Gen 5 pada hari Sabtu, 26 Januari 2019.

Pemimpin tidak boleh hanya mementingkan jabatan. Memang benar, semua orang yang punya jabatan tinggi  umumnya punya sikap kepemimpinan yang bagus. Tetapi, saat melakukan pekerjaan, pemimpin harus bersikap selayaknya dan harus fokus pada tujuan. Harapkanlah kesuksesan bersama, anggaplah sebuah jabatan sebagai hadiah atas keberhasilan bersama.

Pemimpin pun harus mengesampingkan egonya. Memang puas rasanya untuk memaksakan ego. Namun, apa anggota yang lain juga puas? Karena itu pemimpin harus bisa memahami, mengetahui kemampuan, dan mengenal anggotanya, dengan begitu pemimpin dapat mewujudkan keberhasilan dan tentu anggota juga akan merasa puas dengan kinerjanya masing-masing. Untuk mewujudkan ini pemimpin harus melakukan berbagai macam pendekatan dan berkomunikasi dengan anggota. Pemimpin dapat dikatakan benar-benar menjadi seorang pemimpin apabila dapat merangkul anggotanya.

Seperti yang dikatakan sebelumnya pemimpin harus dapat berkomunikasi efektif. Tidak semua orang bisa melakukan hal ini, tapi bagi orang yang bisa melakukan ini maka dapat dikatakan dia berbakat sebagai pemimpin. Puji Maharani berkata cara untuk komunikasi efektif adalah dengan memberlakukan 3C yaitu CLEAR (jelas) – CONCISE (ringkas) – COMPLETE (lengkap). Dara kelahiran Surabaya yang tumbuh besar di Bandung ini menanyakan kepada seluruh Beswan Gen 5,

“Apa itu komunikasi? Coba Anda jelaskan dengan satu kata!” Continue reading Tematik ke-1 2019, Kepemimpinan dan Komunikasi Profesional

Read More

Sabtu, 11 Agustus 2018, Yayasan BAS menyelenggarakan kegiatan penutupan Program Beasiswa Tahun Ajar 2017-2018 (Beswan Generasi 4) di area Cibodas. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan emotional bonding peserta sekaligus memberikan apresiasi tulisan Beswan.

Kegiatan diawali dengan pengisian kuisioner seputar kehidupan Beswan. Dengan 2 lembar kuisioner, pertanyaan yang muncul mencakup data dan persepsi Beswan selama mengikuti program.

Setelah istirahat dan makan siang, kami bersiap melakukan pendakian menuju Curug Cibeureum. Saat persiapan keberangkatan dengan berdiri membentuk lingkaran, selama pendakian nanti Beswan diminta untuk saling mengobrol agar mengenal lebih dekat, sekaligus tidak terasa capek dalam pendakian. Beberapa hari sebelum kegiatan, Beswan sudah diminta untuk browsing medan perjalanan Curug Cibeureum agar tidak kaget serta memotivasi untuk persiapkan fisik. Continue reading PENUTUPAN PROGRAM BEASISWA BAS & APRESIASI TULISAN BESWAN

Read More
image-title

Materi Tematik ke-3 BAS 2016

Setiap orang khususnya siswa SMAKBO memiliki rencana dan tujuan masing-masing setelah lulus, apakah langsung bekerja, melanjutkan kuliah, atau bahkan bekerja sambil kuliah.

SMK-SMAKBO merupakan sekolah yang lulusannya mayoritas langsung bekerja, tetapi tidak sedikit pula yang melanjutkan kuliah, dan ada pula yang bekerja sambil kuliah.

KULIAH

Tujuan dari kuliah yaitu memperdalam dan memperbanyak ilmu sehingga memudahkan kita dalam bekerja kelak.

Kuliah tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit, maka dari itu kita harus memikirkan/mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan, apakah kita cukup mampu untuk melanjutkan kuliah atau tidak.

Tetapi saat ini banyak sekali berbagai macam beasiswa yang bisa diikuti untuk mempermudah dalam masalah biaya kuliah.

Dengan kuliah juga kita dapat mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi di kampus yang dapat melatih kita dalam berorganisasi. Continue reading Kerja, Kuliah, atau Kerja Sambil Kuliah?

Read More
image-title

Komunikasi Terintegrasi Zaman

Pada pertemuan kedua kegiatan beasiswa alumni SMAKBo (BAS) yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 februari 2015. Di hadiri oleh 10 orang penerima beasiswa yang terdiri dari kelas 12 angkatan 59 dan beberapa alumni yang sekaligus yang menjadi panitia dalam acara tersebut.

Pada pertemuan kedua ini, tema yang akan di bahas adalah mengenai komunikasi, adapun materi yang disampaikan adalah mengenai “komunikasi terintegrasi zaman”, dengan tema tersebut telah hadir dua narasumber yang berkaitan dengan tema yang akan di bahas pada pertemuan kali ini yaitu ka Dian Nilamsari dari KISI FM dan ka Ingki Rienaldi dari KOMPAS.

Yang menjadi pembicara pertama yaitu ka Dian Nilamsari. Ka Dian ini merupakan penyiar radio KISI FM. Sebelum menyampaikan materinya, ia menceritakan terlebih dahulu bagaimana ia bisa menjadi seorang penyiar radio. Ka Dian mengatakan bahwa keinginannya untuk menjadi seorang penyiar radio muncul dari ia kecil, berawal dari sering mendengarkan radio miliknya sehingga munculah keinginan untuk menjadi penyiar radio. Dan kebetulan ia mengambil kuliah di jurusan komunikasi.

Setelah perkenalan, ka Dian menjelaskan materi yang akan dibahas yaitu mengenai komunikasi tetintegrasi zaman. Menurutnya, jika dikupas dari perkata materi ini terdiri dari 3 kata yaitu : komunikasi, terintegrasi, dan zaman. Kemudian ia membahasnya satu persatu. Continue reading Menghadirkan Jiwa Dalam Komunikasi

Read More